Pemakaian Obat Tradisional di Jaman Moderen.

keladi_tikus-umbiMenggunakan tanaman untuk penciptaan tanaman obat sebenarnya telah dimulai sejak dari zaman kuno dan selalu mendapat tempat yang signifikan bagi kemajuan perkembangan dunia pengobatan modern. Hal tersebut lebihdisebabkan karena adanya beberapa keunggulan dari obat-obatan herbal, (jika dibandingkan dengan obat sintetis). Salah satu keunggulan dari obat-obatan herbal adalah minimnya resiko  efek samping yang mungkin timbul.
Ada baiknya untuk menggarisbawahi fakta bahwa bahan-bahan obat herbal juga mengalami  perubahan struktur dan perkembangan sejalan dengan peradaban dan struktur  penduduk: seperti misalnya meningkatnya jumlah orang lanjut usia, yang biasanya menderita satu atau penyakit. Pengobatan yang diberikan kepada mereka membutuhkan penanganan jangka panjang dari obat-obatan. Namun, risiko ekspansi efek samping ‘harus minimal, ketika ada terapi jangka panjang. Nah dalam konteks ini tentu tidak ada pilihan yang lebih baik kecuali dengan menggunakan obat-obatan herbal.

Herbal sinonim dengan tanpa efek samping

Obat herbal memiliki peran khusus dalam praktek pediatrik, karena proses pengerjaannya  lebih lembut dan tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan. Tidak adanya efek samping (bila menggunakan preparat, yang didasarkan pada bahan-bahan alami saja) dapat dijelaskan oleh fakta berikut. Obat-obatan herbal yang kompleks biogenetis akan menjadi sangat berharga, yang meliputi zat aktif, protein, minyak esensial, unsur jejak, vitamin, dan banyak hal lainnya.

Menurut sejumlah penelitian medis, obat herbal dengan formulasi yang kompleks seperti yang terbentuk dalam sel hidup, memiliki kemiripan lebih ke tubuh manusia daripada proses isolasi, seperti yang terjadi pada zat aktif kimia murni.

Pembuatan herbal sebagai obat lebih tepat untuk perlakuan pengobatan pencegahan. Karena (menurut statistik) tidak ada orang yang benar-benar sehat dalam waktu yang singkat dari proses pengobatan herbal..
Kecenderungan produksi obat terpadu yakni menggunakan penggabungan jamu dengan bahan kimia memang mulai diminati oleh para produsen medika dan para pakar  selama tahun terakhir. Pendekatan terhadap pengobatan terpadu memang cenderung diminati dengan alasan yang kuat. Alasan tersebut adalah karena kecocokan tanaman obat dengan bahan kimia sintetis. Dan, dengan kombinasi herbal dengan obat-obatan tradisional  sering memberikan efek sinergis.

Para medis herbal: keuntungan dan bonus

Keuntungan lain dari penggunaan herbal sebagai obat adalah biaya. Biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan bahan farmakologis sintetis juga menjadi alasan yang kuat mengapa pemakaian obat herbal menjadi lebih diminati masyarakat.
Saat ini ada berbagai macam bentuk sediaan farmasi yang berbeda dari tanaman obat. Selain obat-obatan tradisional yang sudah dikenal, seperti bentuk tetes, sirup, ada tersedia bentuk sediaan farmasi dalam bentuk sabun mandi, teh, permen yang membuat nyaman untuk digunakan dalam praktek pediatrik dan terapi.

One thought on “Pemakaian Obat Tradisional di Jaman Moderen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s